• Disnakkanla Garut
  • Disnakkanla Garut
  • Disnakkanla Garut
Selamat datang di Website resmi Dinas Peternakan Perikanan dan Kelautan Kabupaten Garut

    Hj. Indriana Soemarto

    "Selamat Datang di Website Resmi Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Garut "

     

    Tidak ada Pengumuman

Budidaya ikan lele di lahan sempit

Senin, 30 November 2015 13:17


Bagi seorang yang giat dalam bekerja, memiliki fasilitas sedikit bukan sebuah masalah untuk mencetak penghasilan. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjadi seseorang yang lebih maju meskipun dengan lahan terbatas, misalnya saja dengan menjadi peternak lele. Budidaya ikan lele di lahan sempit saat ini telah banyak dijalani oleh peternak ikan di tanah air. Namun hasil yang dapat dipanen tidak mengecewakan, mereka bisa berhasil menjadi peternak ikan sukses meski lahan tak kurang dari 3 meter. Lalu, kiat apa saja yang bisa dilakukan agar kualitas lele bagus dengan lahan minimalis dan tidak terancam gagal panen?

Cara budidaya ikan,ternak lele di lahan sempit,cara budidaya ikan lele,

Lankah Budidaya di Lahan Sempit

• Kolam terpal 

Adapun kolam yang digunakan untuk budidaya lele lahan terbatas ini bisa dilakukan dengan menggunakan terpal. Apalagi jika dana terbatas, maka Anda tidak perlu menggunakan kolam beton untuk memeliharanya. Namun yang penting lahan tersebut aman dari longsoran tanah dan air hujan. Untuk membuat budidaya ikan lele di lahan sempit Anda bisa membuat pagar dari kayu yang berbentuk kotak dengan ukuran sesuai lahan. Kemudian tutup pagar kayu dengan terpal dan pastikan menutupi seluruhnya sehingga terpal tersebut berbentuk kotak seperti kolam. Pakulah setiap tepi terpal dengan bagian pinggir pagar kayu hingga terlihat rapi.

Cara budidaya ikan,ternak lele di lahan sempit,cara budidaya ikan lele,

• Tuang benih sesuai tempat 

Karena budidaya lele lahan terbatas bukan tempat yang lebar, maka sebaiknya Anda tidak menuang benih terlalu banyak. Sehingga ikan lele di dalam kolam bisa berkembangbiak dengan baik. Selain itu, air yang digunakan sebaiknya tidak terlalu banyak. Saat ini budidaya ikan lele di lahan sempit telah banyak di lakukan dan untuk mendapatkan hasil yang bagus maka sebaiknya air yang digunakan sedalam 8 hingga 16 cm untuk ukuran kolam 3 x 2 meter.

Cara budidaya ikan,ternak lele di lahan sempit,cara budidaya ikan lele,

• Pakan lele 

Ternak lele lahan terbatas sebenarnya akan lebih mudah dalam mengontrol piaraan lele Anda. Sehingga pastikan lele yang Anda pelihara mendapatkan perhatian khususnya dalam hal pakan dan kebersihannya. Pakan lele bisa berupa pelet, daun pepaya yang dicincang, atau sayuran segar cincang lainnya. Dengan memberikan selingan pakan daun-daunan, lele yang akan didapatkan akan memiliki kualitas yang lebih bagus dari pada lele yang hanya makan pelet saja. Sehingga budidaya ikan lele di lahan sempit ini akan lebih maksimal hasilnya. 

• Gunakan aerator 

Untuk mendapatkan kualitas lele yang lebih bagus lagi, Anda bisa menggunakan aerator sebagai tambahan pasokan oksigen di dalam kolam terpal. Budidaya ikan lele di lahan sempit dengan menggunakan terpal akan membuahkan hasil yang lebih bagus jika Anda menggunakan aerator. Dengan aerator ini, lele juga akan terangsang nafsu makannya sehingga akan cepat gemuk dan besar yang tentunya lebih menguntungkan ketika dijual nantinya.

Sumber : http://carabudidayaikanlelenilamujair.blogspot.co.id/2015/09/budidaya-ikan-lele-di-lahan-sempit.html




Baca juga

Budidaya Ikan Gurami, ikan Indonesia yang Mendunia
Budidaya Ikan Tanpa Minyak Ikan di Jerman
Ikan air tawar dan air laut dalam satu Aquarium
Danto Pramonosidi, Guru Petani dan Peternak Sapi
TEKNOLOGI HI-FER BETERNAK TANPA RUMPUT

0 Komentar

tidak ada komentar

Nama Lengkap
Email
Website (optional)
Komentar
Anti Spam :